Teknik Burung Kuntul

"Salam Bunga Sepasang"

Serangan Kuntul selalu mengarah ke samping dan sifat serangannya adalah memecut. Serangan tidak hanya menyerang bagian lemah, tetapi juga bagian lain seperti lutut. Teknik ini memiliki satu macam tendangan yang digunakan untuk merusak lutut lawan.Serangan dilontarkan sangat cepat dari badan ke arah sasaran dan dengan sendirinya kembali ke arah badan dengan kecepatan yang sama.

Teknik Burung Kuntul
  1. Dari salam bunga sepasang lompat ke depan serong i. dan angkat k. a. tusuk a.
  2. Kilat gejug a. ingkling
  3. Lompat ke-a. angkat k. i. tusuk t. i.
  4. Mundur k. i. putar badan ke – i dengan tolak luar atas t. i. cangkolan dan dalam t. a. berat badan ke – i. tolak atas dan bawah
  5. Gesut ke – a. tusuk a., terusan lompat ke – a. gejug i. dengan saponjudnya
  6. Pancer k. i. tusuk i. lompat ke – i. melutut k. a. tusuk t. a.
  7. Lompat ke – a. gesut i. tusuk i. lompat ke – a. tusuk t. a.
  8. Mundur k. a. dengan tolak cangkolan luar atas t. a. dan tolak dalam bawah t. i. terusan putar badan ke – i. setempat dengan tolak luar atas t. i. dan tolak dalam bawah t. a.
  9. Gejug a. saponjut, lompat ke – i. bersikap geser k. a. jinjit lompat ke – a kelit bersikap ke i. jinjit
  10. Kilat tusuk i., daun melayang gejug a. seponjut, lompat ke – a, angkat k. i. dengan tolak luar atas t. a. dan tolak dalam bawah t. i.
  11. Lompat kedepan condong a. dengan tolak luar bawah t. i. terusan lompat ke – i. setempat angkat k. a. bersama tusuk t. a.
  12. Lompat kedepan condong ke – i. dengan tolak dalam bawah t. a.maju k. i. menyamping ke – a. dengan tolak cangkolan luar t. a.
  13. Egos k. i. dengan tolak dalam bawah t. a., terusan gesut ke - a. tusuk t. a.
  14. Munduk k. a. dengan tolak luar atas t. a. dan maju k. i. dengan tolak dalam bawah t. i., kembali mundur k. i. dengan tolak atas t. i. dan maju k. a. dengan tolak dalam bawah t.a.
  15. Kilat gejug a. seponjud , daun melayang tusuk t.i.
  16. Daun melayang melutut k. a. Seponjud, lompat kebelakang melutut k. i. melompat i. melutut k. a. saponjud
  17. Kilat tusuk t. a. mundur a. condong dengan tolak luar atas t. a. dan tolak dalam bawah t. i. terusan kilat tusuk t. i.
  18. Mundur k. i. condong dengan tolak luar t. i. dan tolak dalam bawah t. a., mundur k. a. kesamping dengan tolak atas luar t. a. bersama tusuk t. i. selewah
  19. Egos k. i. diangkat dengan tolak luar bawah t. i. dan tolak dalam bawah t. a., kilat ke –a. angkat k. a. dengan tusuk t. dua
  20. Lompat kebelakang setempat gejug i. saponjut , mundur k. i. dengan tolak luar atas t. i. dan angkat k. a. bersama tolak dalam bawah t. a., terusan mundur k. a. dengan tolak luar atas t. a. dan tolak dalam bawah t. i., terusan egos k. i. bersikap jinjit k. a. nya.
Sumber : Buku Perisai Diri Indonesia

No comments:

Post a Comment